19 Jan 2008

GANTT PROJECT: Software Gratisan Bagi Manajer Proyek

GANTT PROJECT : SOFTWARE GRATISAN BAGI MANAJER PROYEK

Jika anda adalah seorang project planner atau bahkan project Manager dan menginginkan sebuah aplikasi software yang cepat untuk merencanakan dan membuat jadwal (schedule) proyek, maka anda harus mencoba GANTT PROJECT.

Gantt project adalah sebuah software gratisan dan open source desktop yang user friendly, tetapi jika anda mencari sebuah aplikasi software yang berbasis server dimana setiap anggota tim anda dapat saling mengakses data satu sama lain maka GANTT PROJECT tidak diperuntukkan untuk anda.

GANTT PROJECT merupakan aplikasi penjadwalan yang sedikitnya banyak mirip dengan MS -Project tetapi mungkin secara sengaja bisa dikatakan tidak selengkap dan sesempurna MS- project atau primavera (sekarang sudah ada versi yang terbaru, Primavera 5) yang lazim digunakan di kalangan industri konstruksi sekarang. GANTT PROJECT mempunyai fitur yang sangat sedikit, tetapi dengan minimnya fitur ini, membuat GANTT project mudah digunakan।

GANTT PROJECT mulai dikembangkan di Universitas Marne-la-valee, perancis awal Desember 2002. Dengan GANTT PROJECT kita dapat merencanakan dan menjadwal proyek dengan bar Chart (gant chart) dan Network Diagram, Sekarang GANTT PROJECT sudah mulai banyak digunakan di beberapa perusahaan, Universitas dan juga perseorangan di seluruh dunia. Baru-baru departemen pemerintahan perancis berkeinginan untuk meningkatkan produk software ini dengan menambahkan fitur-fitur baru. Sekarang release GANTT PROJECT yang terbaru adalah release 2.0 termasuk fitur-fitur terbaru yang diperuntukkan khusus bagi seorang project planner atau Project Manager.

Beberapa fitur yang ditawarkan GANTT PROJECT antara lain adalah Kompatibel dengan MS-Project, memasukkan Vavation/hari libur bagi resources, undo/redo, penambahan jalur kritis (critical path), peningkatan (improve) parameter “chart Rendering”, relationship +n-day bagi setiap hubungan aktivitas, terjemahan dalam bahasa Korea dan Bulgaria, dan masih banyak lagi.

Software ini bisa digunakan pada sistem operasi WINDOWS, Linux dan MacOSX, tetapi memerlukan aplikasi Java runtime (ver 1.4 keatas). Jika anda tertarik dengan software ini anda dapat mendownloadnya di situs http://ganttproject.sourceforge.net/. Walaupun fitur yang ditawarkan tidak selengkap MS-Project ataupun Primavera tetapi GANTT PROJECT layak untuk diperhitungkan selain karena mudah dioperasikan , GANTT PROJECT merupakan software open source. Apalagi pemerintah sudah meneriakkan anti pembajakan software.



Tidak ada komentar: